Kehidupan sebagai seorang kelas menengah memiliki karakternya sendiri. “Menengah” bagi saya seperti frase “tidak lebih dan tidak kurang”. Begitu juga dengan pengalaman hidup saya sebagai bagian dari kelas menengah urban. Kehidupan saya tidak lebih dan juga tidak kurang. Saya memiliki kapital ekonomi, sosial dan politik yang tidak lebih dan tidak kurang. Kesadaran kelas yang saya miliki justru menjadi hal yang memacu saya untuk bertahan dan menjadi “lebih”. Selain kehausan akan ilmu yang lebih, secara pragmatis saya melihat pendidikan sebagai tool bagi saya untuk bertahan dan menjadi lebih. Secara holistik, pengalaman hidup saya sebagai kelas menengah adalah serangkaian cerita untuk menjadi lebih dan bertahan.

Selama kehidupan perkuliahan di perguruan tinggi favorit di Indonesia, saya diperkenalkan dengan kehidupan gerakan mahasiswa. Saya sempat menjadi staf Departemen Kajian dan Aksi Strategis di BEM FISIP UI, merupakan pengalaman yang menjadi turning point saya. Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan adalah aksi turun ke jalan dengan segenggam ego sebagai mahasiswa dan jaket kuning. Orang tua saya tidak menganggap bahwa aksi turun ke jalan adalah hal yang membanggakan, dan yang lebih pahitnya lagi adalah ketika sanak saudara saya menertawakan ketika saya beri tahu bahwa saya pernah turun ke jalan. Saya pun meluangkan waktu untuk merefleksikan diri atas esensi gerakan mahasiswa. Ada dua poin utama dari hasil refleksi saya, gerakan mahasiswa–yang pada dasarnya adalah gerakan kelas menengah karena terkomposisi atas golongan cukup mampu–terbentuk dari dua hal, yaitu perasaan ego sebagai mahasiswa yang besar dan perasaan terganggunya kepentingan pribadi sebagai kelas menengah. Kedua hal itu hal yang membuat gerakan mahasiswa saat ini bersifat reaksioner dan tidak berkelanjutan.

Earnestly,

Jazirah R. Manalang
Leave a Reply

