Nama saya adalah Jazirah Rose Manalang dan biasa dipanggil Jazi. Saya lahir di Jakarta pada 4 Januari 1998. Saat ini, saya adalah seorang mahasiswa program sarjana Ilmu Politik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia angkatan 2015. Sebelum menjadi mahasiswa di Universitas Indonesia, saya sekolah di SMAN 70 Jakarta dan lulus pada tahun 2015.

Saya sangat tertarik dengan berbagai isu sosial-politik yang ada di sekitar saya. Isu-isu yang biasanya menjadi perhatian saya adalah tentang demokrasi, permasalahan kota dan partisipasi politik. Menjadi mahasiswa ilmu politik memberikan saya fondasi dan perspektif dalam memahami isu-isu tersebut. Paper dan berbagai tugas kuliah yang saya unggah pada bagian Edukasi Sosial Politik  blog ini bertujuan untuk memberikan kebermanfaatan kepada pembaca.

Pada tahun 2016, saya menjadi Staf Departemen Kajian dan Aksi Strategis (Kastrat) di BEM FISIP UI 2016. Pengalaman saya sebagai staf Kastrat telah memberikan saya wawasan mengenai permasalahan-permasalahan kota. Hal itu dikarenakan fokus isu yang dikawal adalah hak atas kota. Departemen Kastrat pada tahun 2016 mengadakan Festival Kota Kastrat, sebuah pertemuan antara mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia untuk membahas mengenai permasalahan-permasalahan kota di Indonesia. Pengalaman mempelajari dan mengkawal isu hak atas kota lah yang menyebabkan topik kota menjadi ulasan saya beberapa kali pada blog ini.

Pada tahun ini, yakni 2017, saya menjadi Kepala Departemen Kajian Sosial dan Politik (Kasospol) HMIP FISIP UI 2017. Fokus isu yang dikawal selama satu tahun oleh Departemen Kasospol adalah partisipasi politik di era demokrasi digital. Perkembangan media sosial sebagai ruang publik untuk melakukan partisipasi politik mendorong saya untuk mengkawal isu tersebut. Saya melihat bahwa media sosial memiliki potensi yang besar sebagai medium demokratisasi Indonesia. Sehingga selain membahas hak atas kota, pada blog ini saya juga membahas mengenai partisipasi politik di era demokrasi digital.

Tujuan blog ini sederhana, yakni sebagai wadah saya meluapkan argumen-argumen dan pemikiran saya. Selain itu, blog ini adalah hasil dari kegiatan baca-diskusi-tulis yang saya lakukan selama menjadi mahasiswa. Saya menyadari bahwa tulisan-tulisan yang ada pada blog ini tidak sempurna dan masih banyak kekurangan, sehingga saya terbuka dengan kritik dan saran.

Earnestly,
Jazirah R. Manalang

e-mail : jazirahrm@gmail.com